Loading...
Minggu, 07 September 2014

Taman Rekreasi Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Pintu Air Gajah Mungkur
Waduk Gadjah Mungkur merupakan obyek wisata alam taman dan air yang merupakan Waduk atau danau Buatan yang membendung Sungai Bengawan Solo (Sungai terpanjang di Pulau Jawa). Dalam komplek waduk gajah mungkur terdapat Obyek Wisata Air, antara lain : Perahu menuju ke Karamba, Banana boat, Parasailing, Jet sky, dan yang paling baru perjalanan mengelilingi waduk dengan kapal Pesiar berukuran kecil. Di dalam kompleks obyek wisata dapat ditemukan, Kebun Binatang yang cukup lengkap, Kereta Kelinci untuk mengelilingi kompleks, Pusat kuliner ikan bakar dan ikan goreng, dan ada pula Water Boom di dalam komplek wisata gajah mungkur.

Naik Gajah Di Waduk Gajah Mungkur
Taman rekreasi wisata waduk gajah mungkur terletak di sisi selatan kota Wonogiri yang berjarak kurang lebih 42 KM arah selatan dari kota Solo (Surakarta), jika dari pusat Kota Wonogiri kurang lebih 5 KM arah selatan menuju kecamatan Pracimantoro.Akses jalan dan sarana transportasi yang mendukung obyek wisata ini sangat mudah dan murah. Hanya dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Kota Wonogiri para pengunjung dapat langsung sampai ke tempat wisata ini.
Untuk menuju lokasi waduk gajah mungkur bisa dengan kendaraan pribadi langsung mengikuti jalur utama Wonogiri - Pracimantoro. Untuk pengguna kendaraan umum bisa menngunakan angkot naik dari terminal angkot (perempatan BRI) langsung naik ke jurusan Waduk Gajah Mungkur, jika dari kota Solo (Surakarta) anda bisa langsung naik bus jurusan Solo - Pracimantoro turun di Waduk Gajah Mungkur. Selama perjalanan dari kota wonogiri ke waduk gajah mungkur anda akan di suguhi pemandangan yang sangat indah diantara jalanan berliku, di tengah perjalanan pun anda sudah bisa melihat waduk gajah mungkur yang airnya mengaliri sungai bengawan solo.

Salah Satu Dermaga Untuk Naik Perahu
Panorama alam yang asri, indah dan sejuk dengan fasilitas Rumah Makan Apung, Keramba, Hotel, Rumah Makan Special Ikan Bakar sangat tepat sebagai pelepas lelah dan tempat istiharat yang nyaman bagi keluarga. Selain untuk tempat wisata, areal waduk ini juga ramai dengan pemancing dari dalam maupun luar daerah wonogiri. Objek wisata Taman Rekreasi Sendang Asri semakin lengkap dengan kehadiran arena "Water Boom" yang dibuka di dalam kompleks taman. Water boom yang menarik kunjungan para wisatawan dari luar kota Wonogiri tersebut memiliki berbagai macam permainan air seperti kolam ember tumpah dan seluncuran berkelok serta "lazy river" dan lain sebagainya.

Tidak hanya menyediakan berbagai fasilitas sebagai sarana hiburan para pengunjung, kawasan tepian Waduk Gajah Mungkur menjadi surga bagi para pecinta wisata kuliner. Sajian makanan khas yakni ikan bakar dan ikan goreng hasil tangkapan para nelayan di waduk itu pun selalu dicari para pengunjung di objek wisata itu. Deretan restoran yang menyajikan makanan khas ini pun dapat ditemui di jalan raya Wonogiri-Pracimantoro. Jika tidak ingin berjauh-jauh dari kawasan wisata dan menikmati kuliner khas Wonogiri itu, petak-petak rumah makan apung dan karamba di tepian waduk dapat menjadi pilihan tepat bagi wisatawan. Di sekitar lokasi tersebut pun terdapat beberapa hotel yang disediakan untuk wisatawan dari luar daerah.

Naik Perahu Bebek
Jika anda sedang berada di kota Surakarta (Solo) tentu amat sangat rugi bila tidak singgah ke obyek wisata Waduk Gajah Mungkur. Selain jadi obyek wisata air waduk atau bendungan Gajah Mungkur ini juga dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang menerangi wilayah Kabupaten Wonogiri dan sekitarnya. Pembuatan Waduk serba guna Gajah Mungkur ini pembuatannya membutuhkan kurang lebih 5 Kecamatan pada waktu itu sangat luas ya, makanya main ke waduk gajah mungkur biar nggak penasaran

Peta menuju lokasi Waduk Serbaguna Gajah Mungkur Silahkan Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar yang sopan dan sesuai dengan topik postingan ya.

 
TOP