Loading...
Jumat, 04 September 2015

Beda Engsel Sendok Lurus dan Bungkuk


Salah satu kemudahan menggunakan engsel sendok yaitu posisi pintu terhadap dinding sampingnya. Terdapat 3 kemungkinan yang anda bisa lakukan, yaitu pintu dalam, pintu luar dan pintu di tengah.
Beda engsel sendok lurus dan bungkuk berikut penjelasannya:
  • Engsel Bengkok
    Digunakan untuk pintu dalam, artinya permukaan pintu ketika tertutup akan sama rata dengan sisi tebal dinding samping kabinet sehingga sisi tebal dinding kabinet akan terlihat. Untuk posisi ini anda perlu menggunakan tipe engsel sendok dengan bukaan sudut 110° - 125°. Bagian penting pada waktu penyetelan pintu dalam adalah lokasi kaki/sepatu engsel. Walaupun demikian ini tidak akan menjadi masalah besar karena engsel bisa diatur apabila posisi tidak tepat.
  • Engsel Lurus
    Sesuai untuk pintu Luar. Pada hasil akhir pemasangan hanya bagian pintu yang nampak dari luar. Sisi tebal dinding samping tertutup oleh daun pintu. Proses pemasangan hampir sama, jarak lubang dan titik sekrup pada pintu tidak berubah. Yang berbeda adalah ukuran pintu.
  • Engsel 1/2 Bengkok
    Dipakai untuk pintu yang hanya menutupi setengah ketebalan dinding kabinet. Yang dimaksud di sini adalah adanya pertemuan 2 pintu pada satu dinding kabinet. Berarti akan ada celah di antara pintu, di depan sisi tebal dinding kabinet. Lokasi pintu prinsipnya berada di luar namun hanya setengah dari ketebalan dinding kabinet.
Pada dasarnya anda bisa menggunakan engsel sendok LURUS (edited) untuk semua jenis pintu. Konstruksi bisa diakali dengan menambahkan klos kayu atau bahan lain untuk membuat posisi pintu lebih dalam. Namun cara ini tidak direkomendasikan karena dari segi estetika kurang menguntungkan.
Masing masing engsel sendok mempunyai bentuk yang beda dan disesuaikan dengan desain pintu seperti yang dijelaskan di gambar.
Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah engsel dalam satu pintu.
Pintu dengan lebar 50cm.
Panjang pintu:
  • 50-100cm --> 2 buah engsel
  • 100 - 150cm --> 3 buah engsel
  • 150 - 200cm --> 4 buah engsel
  • 200 - 250cm --> 5 buah engsel
Semua jenis engsel dapat di adjust untuk ketinggian dan lebar pintunya sampai maksimum 3mm. Untuk diameter cup engsel adalah 3,5cm disarankan untuk membeli mata bor engsel dan gunakan mesin bor/ driling duduk. Untuk sekrup disarankan menggunakan sekrup 6x5/8" yang artinya sekrup dengan panjang 1,5cm dibagian pintu.
Bagi anda yang bermaksud membeli perlengkapan kitchen set berupa engsel sendok dapat mengunjngi toko online BINTANG HARDWARE atau Tokopedia disini
tulisan ini hasil copetan dari http://www.tentangkayu.com/2008/02/engsel-sendok-sesuai-posisi-pintu_04.html
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan sesuai dengan topik postingan ya.

 
TOP