Loading...
Kamis, 31 Juli 2014

Mengenal Teknologi Jaringan Telepon Selular

Teknologi pada jaringan telepon selular dimulai dari GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA. GPRS adalah generasi pertamanya kemudian Edge dengan memberikan layanan lebih cepat lalu 3G dengan menghadirkan layanan tercepat dan akhirnya teknologi sekarang 3.5G menyingkirkan semua dengan menghadirkan layanan sangat cepat untuk mengakses data, dan akan hadir layanan 4G dengan LTE-nya, mungkin ketika anda membaca tulisan ini sudah mencapai 5G atau lebih.
G berkepanjangan dari Generasi yang berhubungan dengan kecepatan data:
  • 1G - Original analog cellular untuk suara (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps, hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
  • 2G - Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps, dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT.
  • 2.5G - Paket data 2G (GPRS, EDGE) 20-40 kpbs, up to 150 kbps. Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada GSM dan PDN (Packet Data Network) pada CDMA.
  • 3G - Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS) 500-700 kbps, mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
  • 3.5G - Pengembangan dari teknologi 3G dapat transfer data hingga HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar untuk download maupun upload
  • 4G - Digital broadband packet data untuk semua IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-5 mbps.
Demikianlah sedikit coretan tentang teknologi jaringan telepon selular atau hand phone yang kita gunakan dilain kesempatan akan kami bahas atau tulis lagi tentang sejarah internet menggunakan handphone

1 komentar:

  1. 2018 ford fusion hybrid titanium
    2018 ford fusion hybrid titanium · The titanium wedding bands for men metal element used on ford edge titanium 2019 the SEGA Genesis and titanium max trimmer Mega Drive titanium men\'s wedding band has babyliss pro nano titanium hair dryer ford fusion fusion hybrid titanium;

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang sopan dan sesuai dengan topik postingan ya.

 
TOP